11 Manfaat Buah Lemon dan Efek Sampingnya

Anekamanfaat.com – Lemon adalah jeruk berwarna kuning cerah dengan rasa asam yang khas karena kaya akan asam sitrat. Hampir semua bagian lemon dapat dimanfaatkan untuk konsumsi (memasak) dan proses pembersihan. Apa saja manfaat buah lemon?

Dari mana asal usul buah lemon hingga saat ini masih menjadi misteri. Beberapa bukti menyebutkan jika lemon berasal dari wilayah India utara. Buah lemon tersedia sepanjang musim. Lemon sudah hadir dalam berbagai aspek kehidupan manusia dan dikenal memiliki berbagai manfaat.

Manfaat Buah Lemon
Berbagai manfaat buah lemon

Kita dapat memakannya dalam irisan, menyesap air lemon, membuat limun, menghiasi makanan dan minuman, membuat permen dari olahan kulitnya serta menggunakan jus dan kulitnya untuk memasak.

Fakta Nutrisi Lemon

Lemon kaya akan vitamin C, folat, kalium, flavonoid, dan senyawa yang disebut limonin. Dalam seperempat cangkir jus lemon mengandung 31 persen dari asupan harian vitamin C yang direkomendasikan dan 3 persen folat dan 2 persen potasium dan sekitar 13 kalori.

Buah lemon utuh mengandung 139 persen dari asupan vitamin C harian yang direkomendasikan dan memiliki 22 kalori. Melihat fakta nutrisi yang ada pada lemon, apa saja manfaat buah lemon terutama untuk kesehatan kita?

Manfaat Buah Lemon

1. Kekebalan Tubuh

Manfaat buah lemon yang utama adalah menjaga dan meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan penyakit. Kandungan vitamin C buah lemon berperan dalam imunitas dan membantu menetralkan radikal bebas dalam tubuh.

Vitamin C akan merangsang produksi sel darah putih dan dapat melindungi integritas sel kekebalan. Selain itu, vitamin C membantu melindungi leukosit yang bertugas menghasilkan zat antivirus.

2. Kesehatan Pencernaan

Lemon memiliki kandungan serat yang tinggi. Serat, terutama serat larut dapat membantu mengurangi sembelit dan berbagai masalah serta ketidaknyamanan pencernaan lainnya.

3. Menurunkan Berat Badan

Lemon sangat rendah kalori, jika Anda sedang dalam proses diet penurunan berat badan, memasukkan lemon, air lemon, dan kulit lemon dalam konsumsi harian akan membantu mempercepat prosesnya.

4. Kesehatan Jantung

Manfaat buah lemon yang berikutnya adalah untuk menjaga kesehatan jantung. Lemon mengandung sekitar 31 gram Vitamin C, yang hampir dua kali lipat jumlah Vitamin C yang dibutuhkan dalam makanan harian Anda. Seiring dengan peningkatan kekebalan tubuh, sokongan Vitamin C ini dapat mengurangi risiko stroke dan penyakit jantung ketika dikonsumsi rutin.

Manfaat Buah Lemon
Buah lemon sangat baik untuk kesehatan jantung

Lemon juga mengandung serat makanan tingkat tinggi, yang dapat mengurangi faktor risiko penyakit jantung dengan menurunkan LDL atau kolesterol jahat. Kelebihan kolesterol dapat menyebabkan aterosklerosis, pengerasan pembuluh darah di dalam jantung.

5. Kesehatan Kehamilan

Buah lemon bisa menjadi asupan nutrisi yang sangat bermanfaat bagi ibu hamil. Lemon memiliki kandungan asam folat yang sangat penting bagi ibu hamil untuk mencegah janin dan bayi terlahir dalam keadaan cacat.

Karena asam folat hadir dalam vitamin prenatal, mengonsumsinya buah lemon secara utuh adalah cara terbaik untuk memastikan tubuh menyerapnya.

6. Mengobati Kanker

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Asian Pacific Journal of Cancer Prevention [1], ditemukan sebuah bukti bahwa ekstrak lemon yang diaplikasikan pada sel kanker payudara menyebabkan kematian pada sel.

Kandungan limonin dalam buah lemon juga dikaitkan dengan penurunan risiko kanker. Limonin dapat membantu proses kemoterapi bagi para penderita kanker.

7. Batu Ginjal

Salah satu manfaat buah lemon yang penting adalah untuk mengatasi masalah penyakit batu ginjal. Lemon mengandung asam sitrat paling banyak dari semua buah, yang membuatnya bermanfaat bagi mereka yang menderita batu ginjal.

8 Manfaat Buah Anggur dan Efek Sampingnya
Buah anggur sarat dengan nutrisi penting yang kesemuanya memiliki manfaat bagi tubuh manusia. Dengan paduan rasa manis dan asam, apa saja manfaat buah anggur?
www.anekamanfaat.com

Asam sitrat menghalangi pembentukan batu dan juga memecah batu-batu kecil yang sedang terbentuk. Semakin banyak asam sitrat dalam urin Anda, semakin terlindungi Anda dari pembentukan batu ginjal baru. Setengah cangkir jus lemon murni setiap hari memiliki jumlah asam sitrat yang sama dengan terapi farmakologis.

8. Menyegarkan Nafas

Buah lemon banyak dimanfaatkan ekstraknya sebagai bahan penyegar dan pengharum ruangan. Hal ini juga berlaku untuk memberikan kesegaran dan mengurangi bau mulut serta nafas yang kurang sedap. Kandungan asam dalam jus lemon terbukti menetralkan bau mulut.

Menikmati buah lemon atau jus lemon setelah mengonsumsi makanan yang mengandung bawang atau bahan menyengat lainnya akan membantu menetralisir hembusan nafas Anda.

9. Mengelola Hipertensi

Manfaat buah lemon yang berikutnya adalah untuk membantu mengelola hipertensi. Mengonsumsi jus lemon secara rutin akan membantu mengelola tekanan darah dan aman untuk penggunaan jangka panjang.

Manfaat Buah Lemon
Lemon sangat bermanfaat untuk mengelola hipertensi

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition and Metabolism [2], mengonsumsi lemon secara teratur yang dikombinasikan dengan berjalan kaki terbukti efektif dalam menurunkan tekanan darah tinggi.

10. Perawatan Rambut

Jus lemon telah terbukti bermanfaat dalam perawatan rambut rusak. Ketika olahan lemon dicampur dengan minyak zaitun dan dioleskan ke kulit kepala, jus ini dapat mengatasi masalah seperti ketombe, rambut rontok, dan masalah lain yang berhubungan dengan rambut dan kulit kepala.

Banyak ahli kecantikan juga menyarankan bahwa jika Anda mengoleskan jus ini langsung ke rambut, ini bisa membuat rambut Anda bersinar alami.

11. Perawatan Kulit

Manfaat buah lemon yang berikutnya adalah untuk membantu merawat kesehatan kulit. Hal ini disebabkan kandungan tinggi vitamin C dalam buah lemon. Jus lemon bisa membantu menghambaat penuaan kulit serta dapat mengurangi keriput dan komedo.

Meminum sari buahnya yang dicampur dengan air dan madu dapat memberikan kilau yang sehat pada kulit. Banyak produk kosmetik yang dijual bebas juga mengandung lemon sebagai agen perawatan kulit alami.

Efek Samping Buah Lemon

Secara umum lemon memang cukup baik untuk Anda, namun jika dikonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan masalah gastric reflux atau mulas. Selain itu, kandungan asam sitrat dalam buah lemon dapat merusak enamel gigi (sangat disarankan minum air lemon melalui sedotan).

10 Manfaat Madu Hitam Pahit untuk Kesehatan
Madu hitam merupakan salah satu jenis madu yang berasal dari Indonesia. Sesuai namanya, madu ini berwarna hitam dan pahit. Apa saja manfaat madu hitam pahit ?
www.anekamanfaat.com

Kesimpulan

Dengan jumlah konsumsi yang tepat, kita akan mendapatkan beberapa manfaat buah lemon yang sangat luar biasa terutama untuk kesehatan. Lemon mudah dinikmati dalam berbagai “bentuk” seperti dijadikan jus, bahan masakan dan minuman serta dimakan langsung bagian daging buahnya.

Jika Anda menikmatinya dalam bentuk minuman, disarankan menggunakan sedotan karena terlalu sering minum lemon akan menyebabkan masalah pada enamel gigi. Semoga bermanfaat.

Disclaimer: artikel ini hanya untuk informasi. Jika Anda mengalami beberapa gangguan atau masalah kesehatan yang disebutkan di atas, silahkan berkonsultasi dengan dokter.

Bagikan: