16 Manfaat Jus Nanas Segar dan Efek Samping

Anekamanfaat.com – Rasanya manis dan aromanya harus, itulah dua ciri khas buah nanas. Nanas adalah salah satu buah tersehat di dunia dan jus nanas adalah olahan yang akan memberikan asupan gizi dan nutrisi melimpah untuk tubuh (namun dengan cara tertentu). Apa saja manfaat jus nanas?

Nanas secara alami mengandung vitamin peningkat kekebalan yang tinggi. Dan ketika diolah menjadi jus, jus nanas mengandung sejumlah besar nutrisi ini dan rasanya manis alami, kebanyakan jus nanas mengandung sedikit atau tanpa tambahan gula.

Manfaat Jus Nanas
Manfaat Jus Nanas Segar (YesMore Content)

Fakta Nutrisi Jus Nanas

Buah nanas kaya akan vitamin dan mineral. Ini juga satu-satunya sumber makanan yang mengandung bromelin (enzim yang telah digunakan sejak jaman kuno untuk mengobati berbagai penyakit). Dan nanas tidak mengandung lemak dan kolesterol.

Berikut ini kandungan nutrisi dalam 250 gram jus nanas tanpa pemanis tambahan:

  • Energi: 132 Kal
  • Air: 215 g
  • Serat: 0,5 g
  • Kalsium: 32 mg
  • Besi: 0,78 mg
  • Magnesium: 30 mg
  • Mangan: 1,26 mg
  • Fosfor: 20 mg
  • Kalium: 325 mg
  • Natrium: 5 mg
  • Vitamin A: 12%
  • Folat: 45 mcg
  • Vitamin C: 25 mg
  • Kolin: 8,2 mg

Dengan semua nutrisi di atas, apa saja manfaat jus nanas terutama untuk kesehatan?

Manfaat Jus Nanas

1. Kekebalan Tubuh

Manfaat jus nanas yang paling utama adalah untuk menjaga dan meningkatkan sistem imunitas atau kekebalan tubuh. Nanas adalah sumber vitamin C yang melimpah (bahkan kandungan vitamin C dalam jus nanas adalah setengah dari nilai angka kecukupan gizi harian yang direkomendasikan untuk orang dewasa). Vitamin C juga merupakan antioksidan utama yang larut dalam air yang melawan kerusakan sel.

Manfaat Jus Nanas
Jus nanas sangat bermanfaat untuk imunitas

Vitamin C dalam jus nanas juga membantu meningkatkan jumlah granulosit dalam darah. Granulosit adalah sel darah putih yang bertugas melawan virus dan bakteri. Selain itu, asam amino esensial dan non-esensial, antioksidan, dan Vitamin A tingkat tinggi dalam jus nanas akan membantu mengurangi peradangan.

2. Kesehatan Tulang

Selain mengandung banyak vitamin C, nanas juga mengandung banyak mangan yang berfungsi memperkuat tulang dan jaringan penghubung. Mangan juga membantu mencegah osteoporosis pada wanita pasca menopause. 250 gram jus nanas segar mengandung lebih dari 70% mangan harian yang dibutuhkan oleh tubuh.

3. Kesehatan Pencernaan

Bromelain adalah enzim yang ada di batang dan jus nanas. Enzim membantu tubuh memecah dan mencerna protein yang artinya adalah berpotensi mempercepat pencernaan dan mengurangi kembung atau gangguan pencernaan. Jus nanas juga mengandung serat yang dibutuhkan untuk menjaga sistem pencernaan yang baik.

Selain itu, kandungan seratnya dapat menjaga kesehatan usus, mencegah sembelit, mencegah penumpukan gas, dan diare. Penelitian juga membuktikan bahwa kandungan bromelin dalam jus nanas efektif untuk mengobati infeksi bakteri E. coli di perut [1].

4. Mengobati Sinus

Ketika Anda sedang menderita sinus, cobalah untuk mengonsumsi jus nanas. Kandungan vitamin C dan bromelain dalam nanas adalah “senjata” tambahan untuk mengurangi lendir di tenggorokan dan hidung.

5. Menurunkan Resiko Kanker

Manfaat jus nanas segar yang sangat luar biasa berikutnya adalah bisa membantu menurunkan resiko terkena kanker. Hal ini karena kandungan beta karoten dalam nanas. Dalam sebuah studi pada tahun 2014 yang melibatkan 893 peserta [2], beberapa orang yang makan lebih banyak makanan yang mengandung beta karoten menunjukkan tanda-tanda penurunan risiko kanker usus besar. Selain itu, jus nanas segar juga berpotensi melawan pertumbuhan kanker ovarium dan sel usus besar.

Manfaat Jus Nanas
Jus nanas berpotensi menurunkan resiko kanker (8photo)

6. Mengobati Radang Usus Besar

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa bromelin dapat mengurangi intensitas radang usus besar. Bromelin akan mengganggu jalur yang menghasilkan sitokin, protein pemberi sinyal yang mengatur peradangan dan kekebalan. Konsumsi jus nanas segar secara rutin juga berpotensi mengurangi peradangan dan pembengkakan di usus besar.

7. Menyehatkan Kulit

Nanas kaya akan mangan (sekitar 75% dari AKG harian per cangkir). Mineral ini, bersama dengan vitamin C, sangat diperlukan untuk mensintesis kolagen (komponen struktural kulit) yang mencegah kulit kendur dan keriput, memperkuat persendian, dan meningkatkan hidrasi kulit.

Mangan juga berfungsi sebagai antioksidan untuk melindungi sel kulit dari kerusakan akibat sinar UV. Akan sangat nikmat dan bermanfaat minum jus nanas segar ketika panas terik.

6 Manfaat Buah Nangka dan Efek Sampingnya
Buah dengan rasa manis dan aroma yang wangi ini adalah sumber utama vitamin C dan nutrisi yang sangat penting. Apa saja manfaat buah nangka untuk kesehatan ?
www.anekamanfaat.com

8. Kesehatan Mental

Jus nanas segar penuh dengan asam amino triptofan yang digunakan tubuh untuk menghasilkan serotonin (hormon bahagia). Mendapatkan cukup asam amino, bersama dengan nutrisi lain seperti vitamin B sangat penting untuk menjaga sistem saraf Anda tetap berjalan dengan lancar agar mendapatkan energi yang cukup dan produksi hormon suasana hati yang positif.

9. Menjaga Kesehatan Mata

Mengonsumsi jus nanas segar secara teratur akan membantu mengurangi risiko terkena katarak dan degenerasi makula. Vitamin C dan antioksidan yang ada dalam nanas melawan kekeruhan lensa okuler yang pada akhirnya menyebabkan keruh dan kehilangan penglihatan.

Beta-karoten, Vitamin A, kalium, dan mangan berkombinasi melawan kerusakan sel yang menyebabkan degenerasi makula pada orang berusia lanjut.

10. Kardiovaskular dan Jantung

Kandungan kalium dan bromelin dalam nanas akan membantu mencegah penggumpalan darah, meredakan ketegangan pembuluh darah, meningkatkan sirkulasi, dan meningkatkan kesehatan jantung. Ini juga akan melindungi dari serangan jantung dan stroke.

Manfaat Jus Nanas
Jus nanas sangat baik untuk menyehatkan jantung (8photo)

Nanas juga mengandung tembaga, mineral yang sangat penting dalam pembentukan sel darah merah (RBC). Sel darah merah bertugas membawa oksigen dan menghilangkan karbon dioksida dari tubuh.

11. Kontrol Tekanan Darah

Jus nanas mengandung kalium yang akan membantu menyeimbangkan jumlah air dalam tubuh yang bagus untuk mengontrol tekanan darah. Dan nanas termasuk buah dengan kandungan natrium paling rendah. Secangkir jus nanas memiliki sekitar 1 mg natrium dan 195 mg kalium. Itu sebabnya ahli gizi menyarankan jus nanas untuk penderita hipertensi.

12. Menyehatkan Gigi dan Gusi

Jus nanas segar biasanya akan direkomendasikan oleh dokter gigi ketika pasien menjalani perawatan sebelum dan sesusah operasi gigi untuk mencegah pembengkakan, memar, dan peradangan. Bromelain, vitamin C dan K akan membantu mengurangi peradangan dan membantu penyembuhan luka.

Zat yang terkandung dalam nanas dapat mengencangkan jaringan gusi dan bahkan memperbaiki gigi yang kendur atau gusi yang tertarik. Bromelain dapat menghilangkan noda dan memecah plak. Selain itu, mangan dalam nanas meningkatkan kesehatan mulut secara keseluruhan.

13. Meredakan Rematik

Anda punya masalah rematik ? Inilah salah satu manfaat jus nanas segar bagi para penderita rematik. Bromelain kembali memainkan peranan pentingnya.

Dalam sebuah penelitian yang melibatkan 28 peserta dengan kondisi osteoartritis lutut [3]. Para peneliti menemukan bahwa ketika subjek diberi berbagai dosis bromelain, mereka mengalami penurunan yang signifikan dalam pembengkakan jaringan lunak, nyeri dan / atau kekakuan sendi.

Dan hebatnya, tidak ada efek samping yang dilaporkan. Hal ini membuktikan bromelain (yang hanya ada dalam nanas) akan mengurangi peradangan, edema, dan nyeri dengan menurunkan kadar sitokin dan bradikinin.

14. Meredakan Nyeri Menstruasi

Dismenore atau nyeri haid adalah akibat kontraksi rahim yang dipicu oleh sekelompok lipid yang disebut prostaglandin. Bromelain menurunkan kadar PGE2 (menyebabkan kontraksi) sambil meningkatkan kadar PGE1 (PGE1 melemaskan otot polos rahim). Minum jus nanas akan membantu para wanita mengurangi kram ketika menstruasi.

15. Menurunkan Berat Badan

Mengonsumsi jus nanas segar secara rutin akan membantu menurunkan berat badan. Jus nanas tidak mengandung lemak, rendah kalori, dan kaya air serta mengandung banyak serat. Fakta menunjukkan bahwa orang yang kekurangan vitamin C dalam tubuhnya akan membakar kalori 25% lebih sedikit selama olahraga.

Satu cangkir jus nanas segar akan memenuhi lebih dari 100% AKG harian untuk Vitamin C. Jus nanas adalah minuman yang sangat baik agar tubuh tetap bugar.

16. Meningkatkan Kesuburan

Nanas mengandung tembaga, seng, dan folat. Semua itu adalah mineral yang berkaitan dengan kesuburan. Beberapa penelitian juga menemukan petunjuk bahwa bromelain akan memberikan efek positif konsepsi. Bahkan beberapa penelitian juga menyebutkan bahwa jus nanas dapat meningkatkan mobilitas sperma.

7 Manfaat Goji Berry dan Efek Sampingnya
Goji berry adalah buah kecil berwarna merah dan telah digunakan selama lebih dari 2.000 tahun sebagai ramuan obat herbal. Apa saja manfaat goji berry ?
www.anekamanfaat.com

Efek Samping Jus Nanas

Kandungan bromelin pada nanas sangat luar biasa. Namun Beberapa orang mungkin mengalami nyeri atau tidak nyaman (lidas) pada mulut, bibir, atau lidah setelah mengonsumsi jus nanas karena adanya bromelin. Tidak hanya itu saja, terlalu banyak mengonsumsi bromelain dalam jumlah yang sangat tinggi dapat menyebabkan ruam, muntah, dan diare.

Dan jika Anda sedang menjalani pengobatan yang memiliki efek:

  • Antibiotik
  • Pengencer darah
  • Antidepresan
  • Antikonvulsan

Sangat tidak disarankan mengonsumsi nanas atau jus nanas karena bromelin akan mengganggu kinerja pengobatan. Selain itu, nanas juga memiliki tingkat keasaman yang cukup tinggi. Mengonsumsi nanas atau jus nanas secara berlebihan mungkin akan sangat kurang baik bagi sebagian orang karena dapat menyebabkan peningkatan gejala sakit maag.

Bagi orang yang menderita masalah ginjal, juga sangat tidak disarankan untuk mengonsumsi jus nanas. Nanas mengandung kalium. Jika ginjal seseorang tidak mampu mengeluarkan kelebihan kalium dari darah, mineral ini dapat menyebabkan kondisi yang disebut hiperkalemia.

Kesimpulan

Jus nanas segar adalah sumber makanan yang sangat kaya nutrisi dan gizi yang semuanya sangat bermanfaat untuk tubuh manusia. Nanas memiliki enzim bromelin yang memiliki banyak fungsi luar biasa untuk membantu mengobati beberapa masalah kesehatan. Jus nanas juga kaya vitamin C yang sudah terbukti sangat baik untuk tubuh.

Namun kandungan bromelin dalam nanas juga bisa memberikan efek kurang baik bagi tubuh ketika dikonsumsi secara berlebihan. Anda pasti pernah merasakan lidah mengalami lidas (seperti gatal dan rasa kurang nyaman) setelah mengonsumsi nanas dalam jumlah banyak. Oleh karena itu, untuk mendapatkan berbagai manfaat jus nanas segar yang tepat, konsumsilah dalam jumlah yang cukup.

Disclaimer: artikel ini hanya untuk informasi. Jika Anda mengalami beberapa gangguan atau masalah kesehatan yang disebutkan di atas, silahkan berkonsultasi dengan dokter.

Apakah artikel ini bermanfaat?

Bagikan: