7 Manfaat Mandi Air Garam yang Luar Biasa

AnekaManfaat.com – Garam lebih dikenal sebagai salah satu bumbu dapur. Garam memiliki kandungan mineral seperti magnesium dan kalium yang ternyata sangat baik bagi tubuh manusia ketika dimanfaatkan sebagai bahan campuran ketika mandi. Apa saja manfaat mandi air garam?

Mandi dengan menambahkan garam akan sangat bermanfaat ketika menggunakan air yang hangat. Ketika mandi air hangat dan garam, mineral yang ada dalam garam akan ditarik ke dalam aliran darah dan kemudian akan membantu menghilangkan racun. Selain itu garam juga bisa membantu proses pembersihan kotoran yang ada di kulit.

Merendam tubuh kita ke dalam bak mandi yang berisi air hangat dan garam terbukti menjadi salah satu cara terbaik untuk memulihkan diri setelah hari yang melelahkan. Ritual yang meningkatkan kesehatan ini menenangkan otot, melembabkan kulit, mendetoksifikasi tubuh, dan meredakan pembengkakan internal.

Tidak hanya itu saja manfaat mandi air garam dengan air hangat, berikut ini beberapa manfaat yang akan Anda dapatkan ketika rutin melakukannya.

Manfaat Mandi Air Garam
Garam berkualitas tinggi baik untuk bahan campuran berendam

Catatan: Air hangat dan garam laut umumnya aman bagi kebanyakan orang. Namun, ada beberapa pencegahan dan hal yang perlu diperhatikan sebelum Anda berendam di bak mandi.

Jika Anda mandi air hangat dan garam laut kemudian memiliki reaksi alergi seperti ruam, gatal-gatal atau bahkan mengalami infeksi kulit, hindari penggunaan garam laut saat mandi. Anda juga harus menghindari mandi garam laut jika Anda memiliki luka terbuka.

Manfaat Mandi Air Garam

1. Menyeimbangkan Alkalinitas

Manfaat mandi air garam yang pertama adalah menyeimbangkan Alkalinitas. Alkalinitas merupakan penyangga (buffer) perubahan pH air dan indikasi kesuburan yang diukur dengan kandungan karbonat. Alkalinitas adalah kapasitas air untuk menetralkan tambahan asam tanpa penurunan nilai pH larutan (sumber: wikipedia).

Keasaman yang berlebihan dalam tubuh akibat pola makan yang tidak tepat dapat menyebabkan kerja berlebihan pada organ vital manusia, yang kemudian harus mengambil mineral dari tulang dan jaringan. Garam ketika digunakan sebagai campuran ketika mandi akan membantu menghilangkan kelebihan asam dari sel dan memasukkan kembali mineral ke dalam tubuh Anda.

5 Manfaat Masker Charcoal dan Efek Sampingnya
Tahukah Anda bahwa charcoal atau arang aktif sangat populer digunakan sebagai masker wajah? Seperti apa manfaat masker charcoal untuk wajah? Berikut ulasannya.
www.anekamanfaat.com

2. Menjaga Kesehatan Kulit

Mineral di dalam larutan garam berkualitas tinggi membuat kulit lebih sehat dan awet muda. Berendam air hangat dan garam juga membantu membersihkan kotoran dari kulit dan menyeimbangkan tingkat kelembapan kulit.

Manfaat Mandi Air Garam
Berendam air hangat dan garam sangat baik untuk kulit (lifeforstock – freepik.com)

Garam tidak hanya baik untuk kulit kering, gatal, dan jerawat, tetapi penelitian juga menunjukkan bahwa soda kue dalam larutan garam mungkin berguna sebagai agen anti jamur untuk kulit dan kuku. Untuk mendapatkan hasil terbaik, gosok-gosoklah garam ke kulit pelan-pelan dan menyeluruh.

3. Membantu Menenangkan Pikiran

Mandi garam hangat sangat cocok untuk membantu kita rileks saat kita cemas atau tegang. Ketika Anda merasa pikiran berat, berendam dengan air hangat campur garam akan membantu pikiran lebih tenang.

4. Pengantar Tidur Nyenyak

Manfaat mandir air garam berikutnya adalah dapat membantu proses tidur yang berkualitas. Berendam air hangat dengan garam setidaknya beberapa menit atau satu jam sebelum tidur malam juga akan membantu menuju proses tidur yang nyenyak.

Manfaat Mandi Air Garam
Manfaat mandi air garam sangat baik untuk terapi tidur nyenyak (nensuria – freepik.com)

Perubahan suhu yang dialami tubuh Anda saat beralih dari mandi air hangat ke udara yang lebih dingin sebenarnya dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. Selain itu, rasio paparan air dan garam yang tepat dapat membantu mencegah kebutuhan untuk buang air kecil di malam hari, sehingga mengurangi gangguan tidur.

5. Menghilangkan Pegal dan Masalah Otot

Ketika hari Anda terasa berat dan tubuh terasa pegal-pegal, berendam air hangat dan garam adalah salah satu solusinya. Berendam dengan air hangat dapat meredakan nyeri dengan mengurangi beban sendi dan otot, serta membantu tubuh Anda pulih lebih cepat setelah cedera atau operasi. Saat digunakan dengan air hangat, garam kaya magnesium membantu meredakan kejang otot dan kram.

6. Meningkatkan Energi

Ketika tubuh kita tidak mendapatkan mineral yang mereka butuhkan, kelelahan mulai muncul. Magnesium, khususnya, penting untuk mengelola respons stres kita, tetapi sayangnya, 57% orang dewasa tidak memenuhi asupan magnesium yang direkomendasikan.

Kekurangan ini bisa menyebabkan tidur terganggu dan otot lelah. Dengan memanjakan diri dengan mandir air hangat dan garam, Anda dapat memulihkan energi di sel Anda dan membuat jalan Anda menuju diri yang direvitalisasi.

7. Meningkat Kekebalan

Dengan rutin memanjakan diri dengan mandi garam laut, kita mengekspos diri kita pada mineral yang sangat menyerap yang meningkatkan ketahanan kita terhadap penyakit. Mirip dengan efek latihan fisik, mandi air hangat juga ditemukan memicu respons anti-inflamasi yang penting untuk meningkatkan kemampuan tubuh kita dalam menangkal dan melawan penyakit.

8 Manfaat Treadmill untuk Kebugaran dan Kerugiannya
Salah satu jenis peralatan olahraga rumahan yang populer adalah treadmill. Kami akan mengulas manfaat treadmill dan mengapa menggunakan treadmill menyenangkan.
www.anekamanfaat.com

Kesimpulan

Gaya hidup sehat dengan mandi atau berendam dengan air hangat yang dicampurkan dengan garam memberikan efek yang sangat bagus bagi kesehatan fisik dan mental kita. Anda tidak perlu setiap hari mandi menggunakan garam. Lakukan saja setidaknya minimal 1 kali dalam seminggu atau saat-saat tertentu seperti ketika tubuh terasa lelah dan capek.

Bagaimana sangat luar biasa sekali kan manfaat mandi air garam? Sebagai informasi, ada beberapa produk garam khusus yang digunakan sebagai campuran bahan mandi yang sudah diformulasikan sedemikian rupa agar lebih memberikan manfaat ketika digunakan. Namun jika Anda belum sanggup membelinya, tentu sangat tidak masalah menggunakan garam standar.

Bagikan: