11 Manfaat Putih Telur dan Efek Sampingnya

Anekamanfaat.com – Telur sudah menjadi bagian besar dalam kehidupan manusia. Manfaat utamanya sebagai bahan konsumsi. Tahukah Anda bahwa bagian putih telurnya memiliki nutrisi yang sangat bermanfaat? Apa saja manfaat putih telur?

Telur identik dengan kandungan kolesterol sehingga beberapa orang menganggap telur harus dihindari. Hal tersebut bisa dikatakan benar karena bagian yang mengandung kolesterol ada pada bagian kuning telur. Bagaimana dengan bagian putihnya?

Manfaat Putih Telur
Berbagai manfaat putih telur (jcomp)

Putih telur sangat bermanfaat bagi kesehatan Anda dan dapat dimasukkan ke dalam menu makanan Anda. Putih telur merupakan sumber riboflavin dan selenium yang baik. Selain itu, setiap putih telur mengandung 54 miligram potasium, mineral penting yang sangat dibutuhkan oleh tubuh dan 55 mg natrium.

Kandungan lain adalah sodium yang dikonsumsi dalam jumlah sedang (sekitar 1.500 mg per hari) sangat penting untuk fungsi tubuh. Putih telur adalah makanan rendah kalori (17 kalori) dan tidak mengandung karbohidrat atau gula.

Nilai Gizi Putih Telur

Berikut ini kandungan nilai gizi pada 1 butir telur berukuran besar:

NutrisiJumlah
Protein6 gram
Kalsium3 mg
Lemak5 gram
Besi3 mg
Vitamin B62 mg
Vitamin B122 mikrogram
Thiamin1 mg
Sodium8 mg
Selenium6 mikrogram
Riboflavin145 mg
Kalium8 mg
Fosfor5 mg
Niacin35 mg
Mangan4 mg
Magnesium6 mg

Jadi, apa sajakah manfaat putih telur dalam berbagai aspek kehidupan manusia?

Manfaat Putih Telur

1. Suplemen

Manfaat putih telur yang pertama adalah sebagai suplemen. Karena memiliki kandungan nutrisi yang tinggi seperti magnesium, tiamin, riboflavin, mangan, selenium, dan protein, putih telur dianggap sebagai suplemen yang sangat baik untuk orang dewasa dan anak-anak.

Mengonsumsi putih telur setidaknya tiga kali seminggu dianjurkan untuk mendapatkan manfaat yang maksimal. Putih telur sangat bergizi untuk anak-anak dan juga dapat mencegah banyak penyakit kronis pada wanita pada pascamenopause.

2. Metabolisme

Kandungan riboflavin banyak terdapat pada bagian putih telur (62 persen). Riboflavin membantu proses pelepasan energi dari karbohidrat, dengan demikian membantu proses metabolisme tubuh dan memproduksi sel darah merah,

3. Mencegah Penuaan Dini

Konsumsi putih telur secara teratur juga membantu dalam meremajakan jaringan dan sel serta menghasilkan kulit lebih halus. Oleh karena itu, putih telur adalah sumber yang luar biasa untuk mencegah tanda-tanda awal penuaan seperti kerutan dan garis halus.

4. Kesehatan Tulang

Manfaat putih telur yang berikutnya adalah untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan tulang karena kandungan kalsiumnya. Untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulang, tubuh membutuhkan banyak kalsium.

Manfaat Putih Telur
Manfaat putih telur untuk kesehatan tulang (Racool_studio)

Anda dapat mencegah rakhitis dan masalah tulang serius seperti osteoporosis dengan memiliki tulang yang sangat padat. Inilah mengapa Anda harus mengonsumsi putih telur karena mengandung kandungan kalsium yang tinggi.

5. Mengatasi Kelelahan

Kekurangan zat besi adalah salah satu dari banyak faktor yang menyebabkan tubuh mudah merasa lelah. Jika Anda merasa sering pusing dan lelah, Anda harus mempertimbangkan untuk memasukkan putih telur ke dalam menu makanan harian Anda.

Kandungan mangan dan magnesium yang ditemukan dalam putih telur dapat membantu mencegah kelelahan, terutama pada wanita lanjut usia.

6. Menghindari Obesitas

Manfaat putih telur yang berikutnya adalah untuk membantu menghindari obesitas. Orang yang mengalami obesitas harus mempertimbangkan memasukkan putih telur ke dalam menu makanannya. Putih telur mengandung banyak nutrisi yang akan membantu tubuh Anda berfungsi dengan baik.

Selain itu, putih telur hampir tidak mengandung lemak dan memiliki jumlah kalori yang lebih rendah dibandingkan dengan 1 telur utuh. Komponen dalam telur menekan nafsu makan dan meningkatkan tingkat energi. Dengan demikian makan putih telur bisa membuat Anda kenyang selama berjam-jam.

7. Memperlancar Aliran Darah

Putih telur dapat dikonsumsi untuk mengatasi berbagai masalah seperti pembekuan darah. Putih telur mengandung vitamin dan mineral dan membantu melancarkan aliran darah serta berkontribusi pada proses pelebaran pembuluh darah, atau dikenal sebagai vasodilatasi. Selain itu, komponen seperti kalium mencegah pembekuan darah dan masalah jantung.

8. Membangun Otot

Manfaat putih telur yang berikutnya adalah untuk membantu dalam proses membangun otot. Putih telur dikenal sebagai sumber makanan tinggi protein.

Jika Anda dalam program membentuk otot, diperlukan protein dalam dosis yang sering agar Anda dapat membangun otot. Untuk ini, Anda bisa mengonsumsi putih telur.

Manfaat Putih Telur
Manfaat putih telur untuk membantu pembentukan otot (drobotdean)

Selain itu, putih telur harus dimasukkan dalam makanan anak-anak karena mereka membutuhkan protein dalam jumlah besar untuk membangun otot yang kokoh agar tumbuh secara maksimal.

8. Menjaga Tekanan Darah

Tubuh membutuhkan kalium untuk menyeimbangkan tingkat tekanan darah tinggi. Putih telur mengandung banyak kalium, sehingga bisa membantu mengatur tekanan darah. Jika tekanan darah seimbang, akan mencegah jantung dan tulang dari faktor-faktor yang merusak seperti stroke dan patah tulang.

9. Mencegah Kerusakan Sistem Saraf

Manfaat putih telur yang berikutnya adalah untuk membantu mencegah kerusakan sistem saraf. Kolin, sejenis fosfatidilkolin, adalah salah satu dari banyak komponen bermanfaat yang ditemukan dalam putih telur. Fungsi utama senyawa ini adalah untuk memastikan proses metilasi yang tepat di dalam tubuh.

Fungsi ini penting untuk pembentukan DNA, detoksifikasi, dan pensinyalan saraf. Tingkat yang cukup dari senyawa ini di dalam tubuh akan mencegah kerusakan pada sistem saraf.

10. Perkembangan Janin

Putih telur memiliki kandungan protein sekitar 4 hingga 6 gram. Ibu hamil yang mengonsumsi lebih banyak protein selama kehamilan memiliki kemungkinan lebih rendah untuk melahirkan bayi dengan berat badan rendah dan lahir prematur.

11. Perawatan Tubuh

Manfaat Putih Telur
Manfaat putih telur untuk masker kulit wajah (drobotdean)

Putih telur juga memiliki manfaat lain selain dikonsumsi. Perawatan tubuh seperti kulit juga bisa menggunakan bagian putih telur ini. Apa saja manfaat putih telur untuk perawatan tubuh?

  • Putih telur digunakan sebagai masker wajah untuk mengtasi jerawat, kerutan, keriput, jaringan parut dan menghilangkan noda.
  • Putih telur juga bisa digunakan untuk membuat rambut sehat dan berkilau.
  • Putih telur bermanfaat bagi orang-orang dengan kulit berminyak karena dapat menyeimbangkan minyak pada kulit.
11 Manfaat Ikan Tuna dan Efek Sampingnya
Ikan tuna adalah ikan air asin yang populer karena banyak digunakan dalam berbagai olahan masakan. Apa sajakah manfaat ikan tuna jika kita rutin mengonsumsinya?
www.anekamanfaat.com

Efek Samping

Meskipun putih telur adalah sumber protein yang baik dan pilihan yang bagus bagi mereka yang menderita diabetes, kolesterol tinggi, atau penyakit kardiovaskular, orang harus berhati-hati untuk tidak menganggap bahwa putih telur memberikan semua manfaat nutrisi yang sama dari telur utuh.

Putih telur jika dimakan mentah dan dalam jumlah berlebihan akan mengganggu penyerapan biotin. Biotin adalah vitamin B yang penting untuk metabolisme lemak dan gula serta regulasi gula darah.

Selain itu, beberapa orang yang alergi telur juga akan mengalami gangguan seperti sakit perut, ruam ringan, dan anafilaksis. Kondisi ini mengganggu pernapasan dan mungkin juga membuat tubuh seseorang mengalami syok.

Berikut ini efek samping lain dari putih telur:

  • Jika dimakan dalam kondisi mentah, sangat rawan terkontaminasi salmonella.
  • Putih telur mengandung albumin yang memicu respon alergi termasuk gejala mata berair dan gatal, ruam, urtikaria, kram perut, pembengkakan kulit, muntah, diare, sembelit, asma dan batuk.
  • Putih telur menyebabkan menipisnya biotin dalam tubuh yang mengakibatkan rambut rontok, kejang, nyeri sendi, dan kurangnya koordinasi otot.

Dosis

Bagaimana ukuran mengonsumsi putih telur dalam jumlah yang aman? Untuk menjalankan gaya hidup sehat, Anda bisa mengonsumsi satu atau dua telur per hari dan tidak lebih dari itu.

Bagaimana cara menikmati putih telur?

  • Orak-arik putih telur.
  • Gunakan sebagai bahan puding mentega dan pasta.
  • Gunakan untuk membuat mayones dan es krim.
  • Putih telur ditambahkan ke koktail untuk menciptakan buih yang lembut.
  • Dikukus atau dinikmati dalam bentuk telur rebus.
10 Manfaat Telur Rebus Bagi Tubuh Manusia
Telur adalah sumber utama protein dan nutrisi yang penting bagi tubuh. Telur rebus merupakan bahan makanan yang sering disajikan. Apa saja manfaat telur rebus?
www.anekamanfaat.com

Kesimpulan

Bagaimana, sangat luar biasa sekali kan manfaat putih telur? Tidak hanya sebagai bahan makanan, putih telur juga bisa dimanfaatkan untuk merawat kulit dan rambut. Sedangkan untuk mendapatkan manfaat kesehatannya dengan baik, makanlah putih telur dalam jumlah yang cukup. Dan pastikan Anda tidak memiliki alergi terhadap telur.

Disclaimer: artikel ini hanya untuk informasi. Jika Anda mengalami beberapa gangguan atau masalah kesehatan yang disebutkan di atas, silahkan berkonsultasi dengan dokter.

Bagikan: